foto kegiatan

foto kegiatan
kegiatan pMI

Senin, 25 Oktober 2010

Makna Lambang PMI

Secara Visual logo PMI terdiri dari "logo gram" berupa Palang Merah simetris yang dikelilingi 5 Lengkungan setengah lingkaran yang saling menyatu ,dan "logo Type" berupa nama "Palang Merah Indonesia".



Lambang Palang Merah diadopsi dari lambang bendera Negara Swiss ( Palang putih berlatar Merah) yang kemudian dibalik menjadi palang merah dengan dasar putih.

Pengadopsian lambang tersebut merupakan penghormatan terhadap negara swiss ,karena yang pertama kali mendirikan Organisasi Kepalangmerahan dunia adalah orang-orang yang merupakan warga negara swiss.

Lambang Palang merah kemudian disepakati oleh negara-negara peserta agung penandatanganan- konvensi jenewa untuk diberlakukan secara universal sebagai lambang netral yang dapat berfungsi sebagai tanda pengenal dan tanda perlindungan pada saat memberikan bantuan kemanusiaan di lokasi bencana /konflik.

Bentuk ,Warna dan ukuran l;ambang Palang merah  

Lambang Palang merah berbentuk palang berwarna merah yang saling menyilang satu sama lain di bagian tengah satu mengarah vertikal dan satu lainnya mengarah horizontal dengan ukuran masing-masing simetris dan sama panjang (proporsional).

Lambang Palang Merah harus selalu diletakkan diatas dasar warna putih,tidak boleh berada diatas dasar warna lain ,dikurangi bentuknya /ditambah/ditiban dengan tulisan dan gambar lainnya.

 "Logo Gram"

Logo gram berupa lengkungan setengah lingkaran yang menyatu ,yang diambil dari bentuk bunga melati dan mengelilingi palang simetris adalah cerminan identitas nasional yang bermakna kebersamaan ,kolektifitas dan gotong royong .simbol ini juga dapat diartikan se4bagai komitmen dan dedikasi PMI dalam memberikan bantuan bagi yang membutuhkan tanpa pamrih dengan semangat kenetralan dan kemandirian .














1 komentar:

  1. Asww..

    Minta izin share artikel ini. Saya juga akan mencantumkan alamat sumbernya.
    Terimaksih..

    BalasHapus